Kamis, 14 Oktober 2010

Audit, Assurance dan Pengendalian Internal

Bahan ini diambil dari buku Information Technology Auditing and Assurance karangan Hall Singleton yang di alih bahasa kan ke bahasa Indonesia atas kerjasama Penerbit Salemba Empat dengan Thomson.

Untuk mahasiswa dan mahasiswi ku yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik.
Buatlah tugas mandiri ini untuk kuliah Audit Sistem Informasi dalam blog anda.
Caranya :
Berikan komentar yang memberikan informasi alamat blog yang berisi jawaban anda.
Batasnya 1 minggu dari tanggal postingan ini.
Gunakan kalimat yang anda rangkai sendiri dan tidak boleh sama dengan teman yang lain.
Cantumkan sumber web dan tanggal akses ke web tersebut.

Ini dia tugasnya ya.


1.      Kunjungilah sebuah situs Web yang merupakan organisasi profesional audit.
            Temukan jawaban untuk pertanyaan berikut:
a.     Sertifikat relevan apa yang didukung oleh organisasi tersebut? Berapa biaya yang diperlukan untuk mengambil ujian sertifikasi tersebut?
b.     Apa saja persyaratan yang ditetapkan oleh organisasi terkait dengan ketentuan pendidikan berkelanjutan?
c.     Bagaimana organisasi tersebut mendukung auditor TI? Jelaskan secara terinci?
d.     Publikasi apa saja yang diterbitkan oleh organisasi tersebut? Apa kaitan publikasi tersebut dengan audit TI?
e.     Apa saja layanan yang diberikan oleh organisasi intu kepada para anggotanya?
f.        Dimanakah letak kantor cabang terdekat?
g.     Apakah terdapat program keanggotaan mahasiswa dalam organisasi tersebut? Jika ya, berapa biaya yang dikeluarkan untuk anggota mahasiswa?
Masukan: AICPA, ISACA, IIA, ACPE, FASB
2.    Penipuan keuangan seperti Enron, WorldCom, dan Adelphia mendorong disahkannya Undang-undang Sarbanex-Oxley (S-OX) tahun 2002. Dengan menggunakan internet, temukanlah jawaban atas pertanyaan berikut mengenai perubahan-perubahan yang berkaitan dengan komite audit. Berdasarkan S-OX tersebut:
a.     Jelaskan ketentuan mengenai komite audit dalam S-OX.
b.     Jelaskan ketentuan mengenai pengendalian internal dalam S-OX.
c.     Bagaimana perubahan tersebut berpengaruh terhadap auditor IT?
d.     Bagaimana perubahan tersebut berpengaruh terhadap auditor internal?
e.     Bagaimana perubahan tersebut berpengaruh terhadap auditor keuangan?


Selamat ber-googling.

55 komentar:

  1. kl saya liat buku nya gpp ....

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama: Hari Pratomo
    Nim : 0911501336
    Kel : AA

    1.
    a. Jawab: Sertifikat CIA dan CISA. Biaya yang diperlukan sekitar Rp. 5 Juta
    b Jawab: Mendukung kinerja akuntan yang ada di dalam perusahaan tersebut.
    c. Jawab: persahaan tersebut memberikan laporan data yang akan di proses menggunakan program yang telah disediakan perusahaan tersebut untuk menunjang laporan mengenai hasil audit TI.
    d. Jawab: publikasi yang dilakukan perusahan berkaitan dengan apa yang dilakukan oleh auditor TI. Proses ini melibatkan berbagai pengumpulan data yang berkaitan dengan keandalan pengendalian computer serta basis data yang telah dianalis oleh program program komputer, mengumpulkan berbagai bukti yang yang ada di dalam perusahaan apakah pengendalian internal berjalan baik atau tidak.
    e. Jawab: Laporan audit. Laporan yang berisi penadapat audit TI kepada pihak yang berkepentingan dari pihak internal maupun eksternal. Temuan di komunikasikan ke audit internal maupun eksternal yang ada di perusahaan tersebut.
    f. Jawab: Bringin Life Gedung Twink Lt.2 Jl. Kapten Tendean No. 82 Jakarta Selatan Telp. 021-7900218/7900179
    g. Jawab: terdapat hal ini menjadi salah satu mata kuliah yang di terapkan untuk mahasiswa semester 4 keatas. Biaya yang di keluarkan dalaha biaya atas mata kuliah tersebut.

    BalasHapus
  4. Nama: Hari Pratomo
    Nim : 0911501336
    Kel : AA


    2.
    a. Jawab: Untuk mendukung berbaqgai usaha untuk meningkatkan kepercyaan public atas pasar model dengan adanya undang undang ini untuk memperbaiki tata kelola perusahaan, pengendalian internal di dalam perusahaan dan adanya bentuk audit yang memiliki kualitasnya dalam kerja.
    b. Jawab: Mengharuskan para eksekutif keuangan senior mengungkapkan berbagai laporan baik kelemahan kelemahan yang terjadi di dalam perusahaan baik material ataupun tidak kepada pihak manajemen yang ada atas hasit audit yang dilakukan auditor di dalam perusahaan tersebut.
    c. Jawab: mengharuskan para eksekutif keuangan senior mengungkapkan berbagai laporan baik kelemahan kelemahan yang terjadi di dalam perusahaan baik material ataupun tidak. Dengan adanya hal ini berdampak pada auditor TI yang harus mengevaluasi, menilai, dan melaporkan ke pihak manajemen sesuai dengan undang undang S-OX.
    d. Jawab: adanya berbagai bentuk pengendalian yang diciptakan oleh perusahaan yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kerugian yang dialami persuahaan tersebut. Kelemahannya dapat menimbulkan berbagai resiko yang dialami perusahaan, resikonya sebagai berikut :
    * Kehancuran aktiva perusahaan ( fisik dan informasi )
    * Pencurian aktiva yang dlakukan oleh pihak eksekutif keuangan senior
    * Korupsi Informasi atau Sistem Informasi
    * Gangguan atas Sistem Informasi
    e. Jawab: Adanya peraturan baru yang dilakukan perusahaan akibat adanya undang undang ini. Harus adannya penggolongan transaksi yang material bagi laporan keuangan bagaimana transaksi itu dilakukan, catatan akuntan beserta akunnya dalam melaksanakan transaksi yang dilakuakn pihak persahaan, adanya catatan langkah langkah pemrosesan transaksi tersebut untuk laporan keuangan, pembentukan laporan keuangan untuk adanya laporan keuangan, pengungkapan, dan berbagai prediksi akuntasi kepada pihak manajemen pada perusahaan tersebut. Hal ini semua hasus dilakukan oleh auditor keuangan sebelum di bentuk laporan keuangan yang harus dilaporkan ke pihak manjemen perusahaan tersebut.

    BalasHapus
  5. Nama: Wahyu Pratama Yulianto
    Nim : 0812503514
    Kel : AA

    1.
    a. Jawab: Sertifikat CISA dan CIA. Biaya yang diperlukan sekitar Rp. 7 Juta untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat ini.
    b Jawab: Mendukung kinerja bagian keuangan yang ada di dalam perusahaan tersebut.
    c. Jawab: persahaan memberikan laporan data yang akan di laporkan kepada audit TI yang selanjutnya dilaporkan ke pihak audit internal maupun eksternal kemudian diolah dan di berikan ke Pihak manajen Perusahaan.
    d. Jawab: Proses ini melibatkan auditor TI untuk pengumpulan data yang berkaitan dengan pengendalian komputer serta laporan yang telah dianalis oleh program program komputer, serta mengumpulkan lapoaran audit yang ada di dalam perusahaan apakah pengendalian internal berjalan baik atau tidak.
    e. Jawab: Laporan audit. Laporan yang berisi pendapat audit TI kepada pihak yang berkepentingan yaitu pihak manajemen. Kemudian di komunikasikan ke audit internal maupun eksternal yang ada di perusahaan tersebut.
    f. Jawab: Bringin Life Gedung Twink Lt.2 Jl. Kapten Tendean No. 82 Jakarta Selatan Telp. 021-7900218/7900179
    g. Jawab: Terdapat hal ini menjadi salah satu mata kuliah yang di terapkan untuk mahasiswa semester 4 keatas. Biaya yang di keluarkan dalaha biaya atas mata kuliah tersebut.

    BalasHapus
  6. Nama: Wahyu Pratama Yulianto
    Nim : 0812503514
    Kel : AA


    2.
    a. Jawab: Untuk mendukung berbagai usaha untuk meningkatkan kepercayaan public atas pasar model. Dengan undang undang ini perusahaan harus memiliki pengendalian internal di dalam perusahaan dan adanya bentuk audit yang memiliki kualitasnya dalam kerja.
    b. Jawab: Mengharuskan para eksekutif keuangan senior didalam perusahaan tersebut mengungkapkan berbagai laporan ke pihak manajemen yang ada atas hasit audit yang dilakukan auditor di dalam perusahaan tersebut.
    c. Jawab: Undang undang ini berdampak kuarang baik pada auditor TI. Auditor TI yang harus mengevaluasi, menilai, dan melaporkan ke pihak manajemen sesuai dengan apa yang telah diputuskan dalam undang undang S-OX.
    d. Jawab: Berbagai bentuk pengendalian baru yang diciptakan oleh perusahaan yang dapat meneken angka terjadinya resiko serta kerugian yang dialami persuahaan tersebut. Kelemahannya dapat menimbulkan berbagai resiko yang dialami perusahaan yaitu Kehancuran aktiva perusahaan baik fisik ataupun informasi, Pencurian aktiva yang dlakukan oleh pihak eksekutif keuangan senior, Korupsi Informasi atau Sistem Informasi, Gangguan atas Sistem Informasi
    e. Jawab: Peraturan baru yang dilakukan perusahaan akibat adanya undang undang ini yang harus dilakukan setiap kali dilakukannya transaksi perusahaan. Dengan adanya undang undang ini para akuntan yang ada didalam perusahaan tersebut harus menyertakan bukti taransaksi yang dilakukan tersebut lalu kemudian dibuat laporan yang selanjutnya dilaporkan ke pihak manajemen.

    BalasHapus
  7. Nama: gatot eko hutomo
    Nim : 0812500114
    Kel : AA
    1.
    a. Jawab: Sertifikat CISA dan CIA. Biaya yang diperlukan kurang lebih nya sekitar Rp. 6 Juta untuk mendapatkan sertifikat ini yang resmi.
    b Jawab: Mendukung kinerja para pegawai bagian pemasaran yang ada di dalam perusahaan tersebut.
    c. Jawab: persahaan tersebut memberikan laporan data yang akan di proses menggunakan program yang telah disediakan perusahaan tersebut untuk menunjang laporan-laporan mengenai hasil audit TI tersebut.
    d. Jawab: Proses ini melibatkan auditor TI untuk pengumpulan data yang berkaitan dengan pengendalian komputer serta laporan yang telah dianalis oleh program program komputer, serta mengumpulkan lapoaran audit yang ada di dalam perusahaan apakah pengendalian internal berjalan buruk atau tidak sama sekali.
    e. Jawab: Laporan audit. Laporan yang berisi tentang pendapat audit TI kepada pihak yang sangat berkepentingan yaitu pihak manajemen dan perusahaan. Kemudian di komunikasikan ke audit internal maupun eksternal yang ada di perusahaan tersebut.
    f. Jawab: Bringin Life Gedung Twink Lt.2 Jl. Kapten Tendean No. 82 Jakarta Selatan Telp. 021-7900218/7900179
    g. Jawab: Terdapat hal ini menjadi salah satu mata kuliah yang di terapkan untuk mahasiswa semester 4 keatas. Biaya yang di keluarkan adalah biaya atas mata kuliah tersebut.

    BalasHapus
  8. Nama : Gatot eko hutomo
    Nim : 0812500114
    Kel : AA
    2.
    a. Jawab: Untuk mendukung berbagai usaha untuk meningkatkan kepercyaan public atas pasar model dengan adanya undang undang ini untuk memperbaiki tata kelola perusahaan, pengendalian internal di dalam perusahaan dan adanya bentuk audit yang memiliki kualitasnya yang bagus dalam kerja.
    b. Jawab:para eksekutif pemasaran senior mengungkapkan berbagai laporan baik kelemahan kelemahan perusahaan yang terjadi di dalam perusahaan baik material ataupun tidak kepada pihak manajemen yang ada atas hasit audit yang dilakukan auditor di dalam perusahaan tersebut.
    c. Jawab: Undang undang ini berdampak kuarang baik pada auditor TI. Auditor TI yang harus mengevaluasi, menilai, dan melaporkan ke pihak manajemen sesuai dengan apa yang telah diputuskan dalam undang undang S-OX.
    d. Jawab: Berbagai bentuk pengendalian baru yang diciptakan oleh perusahaan yang dapat meneken angka terjadinya resiko serta kerugian yang dialami persuahaan tersebut. Kelemahannya dapat menimbulkan berbagai resiko yang dialami perusahaan yaitu Kehancuran aktiva perusahaan baik fisik ataupun informasi, Pencurian aktiva yang dlakukan oleh pihak eksekutif keuangan senior, Korupsi Informasi atau Sistem Informasi, Gangguan atas Sistem Informasi
    e. Jawab: Peraturan baru yang dilakukan perusahaan akibat adanya undang undang ini yang harus dilakukan setiap kali dilakukannya transaksi perusahaan. Dengan adanya undang undang ini para akuntan yang ada didalam perusahaan tersebut harus menyertakan bukti taransaksi yang dilakukan tersebut lalu kemudian dibuat laporan yang selanjutnya dilaporkan ke pihak manajemen.

    BalasHapus
  9. www.sistem-informasi-eboy.blogspot.com

    (Andri eko nugroho_0812501492_AA)

    BalasHapus
  10. http://debby-aja.blogspot.com/
    0712500875_debby oktaviani_AA

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. http://mobilephone-sevty.blogspot.com

    (0712503838 - Sevty Wahiddirani.S - AA)

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. http://konologiku.blogspot.com

    0712504315 EBENEZER SITOMPUL_AA

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. http://christinnataliam.blogspot.com

    0812503878_CHRISTIN NATALIA M_AA

    BalasHapus
  17. 0812503928_Dara Dwi M.S_AA

    http://si-dara.blogspot.com/

    BalasHapus
  18. http://ka-susanti.blogspot.com

    Susanti-AA-0812501039

    BalasHapus
  19. http://tekhnologiholic.blogspot.com

    Rakhmad Hariyanto_AA_(0711502252)

    BalasHapus
  20. TUGAS NO.1
    http://aboutmecuy.blogspot.com/2010/10/tugas-audit-sistem-informasi-no1.html

    TUGAS NO.2
    http://aboutmecuy.blogspot.com/2010/10/tugas-audit-sistem-informasi-no2.html

    [NOVANDI AL MUDOFAR_0812502490_AA]

    BalasHapus
  21. http://rizal-wkwkwk.blogspot.com

    0712500040_AFRIZAL_AA

    BalasHapus
  22. http://shefany-lujingga.blogspot.com

    0812500346_Shefanilu Jinggah [Fany]_AA

    BalasHapus
  23. http://ultraboy.wordpress.com/

    0712500255_Aditya Chandra Prabawa_AA

    BalasHapus
  24. http://tekno-info.blogspot.com/

    (0812503894_Abdurrachman.Yusuf"GUSDUR"_AA)

    BalasHapus
  25. http://reogponorogo-informatika.blogspot.com

    (0712500636 Fibrian Yogatama AA)

    BalasHapus
  26. http://penjualanbarang-aripbisa.blogspot.com/
    0712501618_M.Arif Rakhman_AA

    BalasHapus
  27. http://adhit-think.blogspot.com/

    (Prasetya Hariwibowo-0712500016-AA)

    BalasHapus
  28. http://bagus-kuncoro-koko.blogspot.com/2010/10/tugas-audit-system-informasi.html

    nama:bagus pramana putra
    nim:0812501930
    kelmpk:AA

    BalasHapus
  29. http://brigithaoctavia.blogspot.com/

    Nama : Brigitha Octavia Maureen
    NIM : 0812502433
    Kel. : AA

    BalasHapus
  30. http://banditzbl.blogspot.com/

    Nama : Fakhrurrozi
    Nim : 0711502286
    kelompok : AA

    BalasHapus
  31. http://rizkyarienugroho.blogspot.com/2010/10/audit-si.html

    Nama : rizky arie nugroho
    Nim : 0711501031
    kelompok : AA

    BalasHapus
  32. http://oliemferdinand.blogspot.com/

    Nama : Rachmat Muslim
    Nim : 0712501766
    kelompok : AA

    BalasHapus
  33. fadhli yusaridha a

    2. Penipuan keuangan seperti Enron, WorldCom, dan Adelphia mendorong disahkannya
    Undang-undang Sarbanex-Oxley (S-OX) tahun 2002. Dengan menggunakan internet,
    temukanlah jawaban atas pertanyaan berikut mengenai perubahan-perubahan yang
    berkaitan dengan komite audit. Berdasarkan S-OX tersebut:

    a. Jelaskan ketentuan mengenai komite audit dalam S-OX.
    Jawab:
    Komite juga terlibat dalam pengawasan program penerapan Sarbanes Oxley Act of 2002
    Pasal 404 (“SOX 404”) oleh Manajemen di 2007 melalui pertemuan dan pembahasan
    bersama dengan Direktur Utama, Direktur Keuangan, tim penerapan SOX 404, para
    konsultan dan Auditor Eksternal Independen. Dalam mengawasi penerapannya, Komite
    juga memantau perkembangan dan merekomendasikan kepada Manajemen

    b. Jelaskan ketentuan mengenai pengendalian internal dalam S-OX.
    Jawab:
    Keberadaan Sarbanes-Oxley Act 2002 memberikan dampak yang besar bagi auditor.
    Ketentuan yang berkaitan dengan pengendalian intern membuat tanggung jawab auditor
    menjadi semakin luas. Auditor internal, auditor eksternal dan juga IT auditor dibebani
    tanggung jawab untuk mengevaluasi, menilai, dan melaporkan pengendalian intern entitas
    yang wajib dilaporkan oleh manajemen. Pengendalian intern berkaitan dengan risiko.
    Risiko merupakan ancaman potensial atas nilai atau kegunaan aset entitas.
    Pengendalian intern merupakan upaya untuk melindungi aset entitas dari berbagai
    kejadian yang dapat merugikan.

    c. Perubahan yang terhjadi terhadap auditor TI
    Jawab:
    perubahannya Komite Audit telah memformalkan pertemuan/rapat Kelompok Kerja
    Komite Audit yang kegiatan utamanya adalah menindaklanjuti penerapan serta status dari
    resolusi yang dihasilkan dalam rapat Komite Audit dan menelaah kecukupan atas isu-isu
    yang akan didiskusikan pada rapat Komite Audit berikutnya.

    d. perubahan terhadap auditor internal
    Jawab:
    Auditor internal, dibebani tanggung jawab untuk mengevaluasi, menilai, dan melaporkan
    pengendalian intern entitas yang wajib dilaporkan oleh manajemen. Pengendalian intern
    berkaitan dengan risiko.

    e. Perubahan terhadap audtor keuangan
    Jawab:
    Berdasarkan banyak studi, mencatat bahwa pengungkapan Sox section 302 dan section
    404 membawa pengaruh yang positif terhadap kualitas laporan keuangan. Ashbauh, Collin,
    Kinney,LaFond, Zvi Singer 2008; internal control yang dilakukan perusahaan secara
    periodik (setiap 3 bulan sekali) terhadap temuan kelemahan yang material sebagaimana
    disyaratkan dalam section 302, serta review dan attestasi oleh KAP (kepatuhan section
    404). Menurut PCAOB, 2004 jika auditor menemukan terdapat kelemahan yang material
    pada internal control, maka auditor harus memberikan laporan serta menolak memberikan
    pendapat.
    Dengan demikian akan terjadi perubahan dalam mekanisme dokumentasi, evaluasi, dan
    laporan terhadap efektifitas internal control, akurasi pada laporan keuangan, sehingga
    hasinya tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan perusahaan yang memiliki sistem yang
    buruk namun bermanfaaat pula untuk semua perusahaan, sehingga akan meningkatkan
    kualitas laporan keuangan.


    (maaf bu telat ngumpulinnya)

    BalasHapus
  34. NAMA : EDWIN
    NIM : 0712501048
    Kelompok : AA

    http://ewynmanik.blogspot.com

    BalasHapus
  35. http://rizki09.blogspot.com/

    nama : muhamad rizki isnaini
    nim : 0712503846
    kel : AA

    BalasHapus
  36. http://afrila-viebry.blogspot.com/

    ARILA VIEBRY S (0712502954) AA

    BalasHapus
  37. http://obbbow.blogspot.com/

    nim: 0712501089
    nama: Teguh Ariwibowo
    kel : AA ( Beruang Kutub )

    BalasHapus
  38. Nim:0712501089
    Nama:Teguh Ariwibowo
    kel:AA

    1 .
    A. Jawab : Sertifikat CIA dan CISA. Biaya yang diperlukan sekitar Rp. 6 Juta .
    B. Jawab: Mendukung kinerja akuntan dan bagian pemasaran di institusi atau perusahaan itu .
    C. Jawab: perusahaan tersebut memberikan laporan data yang akan di proses menggunakan program yang telah disediakan perusahaan .
    D. Jawab: publikasi yang dilakukan perusahan berkaitan dengan apa yang dilakukan oleh auditor TI. Proses ini melibatkan berbagai pengumpulan data yang berkaitan dengan keandalan pengendalian computer serta basis data yang telah dianalis oleh program program komputer, mengumpulkan berbagai bukti yang yang ada di dalam perusahaan apakah pengendalian internal berjalan baik atau tidak.
    E. Jawab: Laporan yang berisi pendapat audit TI kepada pihak yang berkepentingan dari pihak internal maupun eksternal ,Temuan di publikasikan ke audit internal maupun eksternal yang ada di perusahaan itu .
    F. jawab: Bringin Life Gedung Twink Lt.2 Jl. Kapten Tendean No. 82 Jakarta Selatan Telp. 021-7900218/7900179
    g. Jawab: sangat penting diterapkan oleh mahasiswa semester 4 keatas

    2.
    A. untuk meningkatkan pasar modal dengan kepercayaan public,dengan adanya undang-undang ini perusahaan mampu mengendalikan audit di perusahaan tersebut
    B. menjelaskan berbagai laporan ke pihak manajemen yang ada,atas hasil audit yang dilakukan auditor di dalam perusahaan tersebut.
    C. Auditor TI yang harus mengevaluasi, menilai, dan melaporkan ke pihak manajemen sesuai dengan apa yang telah diputuskan dalam undang undang S-OX, hal ini sangat berdampak negatif pada para audito-auditor TI .
    D. mampu membentuk pengendalian baru yang diciptakan oleh perusahaan,serta dapat meminimalkan angka kerugiaan di perusahaan tersebut,sedangkan kelemahannya yaitu pencuriaan aktiva yang dilakukan oleh pihak keuangan senior .
    E. dengan adanya undang-undang ini para akuntan yang ada diperusahaan harus mampu menyertai bukti transaksi yang dilakukan,lalu membuat laporan yang akan disetujui oleh pihak management .

    maaf ya bu telat ngumpulinnya,mohon memakluminya . . .

    BalasHapus
  39. Tugas Kelompok AA...
    Kelompok : Pulung Poreper
    Tujuan Audit dan Prosedur Audit..

    http://ultraboy.wordpress.com/

    BalasHapus
  40. tugas kelompok AA
    INPRA LOLO TODING_prikiteww_0812502532
    Tujuan audit dan prosedur audit pada:
    Perencanaan Pemulihan Bencana

    http://invratoding.blogspot.com/

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Tugas: Tujuan dan Prosedur Audit
    Afrila Viebry S (0712502954)
    Kelompok: hitam-merah

    http://afrila-viebry.blogspot.com/

    BalasHapus
  43. Tugas Tujuan dan Prosedur Audit
    Pengendalian Toleransi Kegagalan sistem
    Restavia Nur Amaliyah_Prikitiww_0812503340
    kel:AA

    BalasHapus
  44. http://0711502773.blogspot.com/

    Tugas Audit Sistem Informasi

    Muhammad Ichsan_0711502773_AA

    BalasHapus
  45. http://shoesfeet.blogspot.com/

    Tugas: Tujuan dan Prosedur

    rudi kurniawan_0711501791_AA

    Kelompok: koskosan

    BalasHapus
  46. http://catatanfaisal.blogspot.com

    Tugas Audit sistem Informasi

    Ahmad Faisal_0712500172_AA

    Nama Kel : Koskosan

    BalasHapus
  47. TUGAS KEL :AA
    NAMA :EBENEZER SITOMPUL
    KELOMPOK :prikiteww
    WEBSITE : http://konologiku.blogspot.com/

    BalasHapus
  48. TUGAS AUDIT SISTEM INFORMASI KELOMPOK AA
    NIM : 0812504256
    NAMA : ADAM RIZKI IMRON
    KELOMPOK : BANGAU TERBANG
    WEBSITE : http://rizkiblogofsilence.blogspot.com/

    BalasHapus
  49. TUGAS AUDIT SISTEM INFORMASI KELOMPOK AA
    NIM : 0712504125
    NAMA : SARI DARMAYANTI
    KELOMPOK : BANGAU TERBANG
    WEBSITE : http://sariblog-sari.blogspot.com/

    BalasHapus
  50. TUGAS AUDIT SISTEM INFORMASI KELOMPOK AA
    NIM : 0712502087
    NAMA : Yayan Andika
    KELOMPOK : koplak
    WEBSITE : http://karyaku-online.blogspot.com/

    BalasHapus
  51. TUGAS AUDIT SISTEM INFORMASI KELOMPOK AA
    NIM : 0712501063
    NAMA : Andriyan B.S
    KELOMPOK : koplak
    WEBSITE : http://lepter.blogspot.com/

    BalasHapus
  52. Tugas Audit SI ( Kelebihan dan Kelemahan EAM, GAS, ACL )

    Nama : Muhammad Ichsan
    NIM : 0711502773
    Kelompok : AA

    Website http://0711502773.blogspot.com/2010_12_01_archive.html

    BalasHapus
  53. AHMAD FAISAL
    0712500172
    KEL. AA

    http://garudafaisal.blogspot.com/2010/12/tugas-audit-si.html

    BalasHapus
  54. RUDI KURNIAWAN
    0711501791
    KEL : AA

    http://shoesfeet.blogspot.com/2010/12/tugas-audit-si.html

    BalasHapus
  55. Bu, ini tugas perorangan saya

    0712503838
    Sevty Wahiddirani Saputri
    Kel. AA

    http://mobilephone-sevty.blogspot.com/

    BalasHapus