Selasa, 02 November 2010

Gratis! cara membuat toko online.

Ingin punya toko online? Daftar di web hosting yang memiliki cpanel, fantastico, php dan sql. Gunakan prestashop, sebuah e-commerce software, yang tidak memerlukan dasar pemrograman web yang mendalam. Siapkan foto-foto dan informasi produk anda.

Toko online adalah toko di internet yang menjual produk atau jasa. Toko online tidak memerlukan tempat secara fisik. Tetapi toko online ini benar-benar ada. Karena ada orang yang mengelolanya.
Pembeli tidak perlu datang ke toko. Pembeli dapat memesan produk atau jasa melalui telpon atau email atau informasi yang diberitahu melalui web di toko online itu. Pembeli dapat melihat produk dan mendapatkan semua informasi tentang produk di web toko online.
Toko online perlu alamat web.
Alamat web dapat dibuat dengan cara mendaftar di hosting tertentu.
Ada web hosting berbayar. Ada web hosting yang gratis.
Carilah web hosting yang memiliki fasilitas cpanel, fantastico, php dan sql

Kali ini diinformasikan cara mendaftar di web hosting yang gratis / free web hosting yaitu di www.byethost.com
Browser internet yang direkomendasikan adalah mozilla firefox agar dapat menggunakan ftp.
Alamat email yang direkomendasikan adalah gmail. Baca juga cara membuat email di gmail.


 Langkah-langkah membuat toko online:
 1. download / unduh prestashop dari sumber aslinya yaitu di http://www.prestashop.com/en/downloads/ 
 
 2. Lalu ekstrak prestashop menggunakan winrar atau winzip. Simpan di harddisk anda misalnya di drive e:\prestashop
3. Buka http://byethost.com/index.php/free-hosting lalu klik tulisan: Click here to sign up for free hosting setelah itu muncul:
 4. Isi username dengan nama produk yang akan Anda jual di toko online. Isi password. Password yang diterima hanya 8 karakter saja. Isi alamat email anda di gmail. Isi site category dengan business. Isi site language dengan english. Tuliskan security code sesuai yang tertera di layar monitor komputer anda. Lalu klik tombol Register.
5. lalu klik tombol click me to continue. (untuk keamanan, bila muncul tulisan: apakah Anda ingin Firefox untuk mengingat kata sandi maka klik Tidak Pernah untuk Situs ini)

 6. Kemudian akan muncul image verification. Tulislah tulisan yang muncul (tulisan akan muncul berbeda). Lalu klik Register.
 7. Setelah itu Anda diminta untuk mengecek email ada di gmail.

 8. Klik File lalu New Tab kemudian tulis www.gmail.com. Bukalah email Anda. 
9. Klik account activation required.

10. Klik kanan lalu pilih Buka Tautan di Tab Baru / Open Link in New Tab. Kemudian akan muncul image verification. Isi sesuai tulisan yang tertera di layar monitor Anda lalu klik Register.
11. Bila berhasil maka anda akan mendapatkan semua informasi mengenai nama web Anda dan paswordnya. Download dan simpanlah. Informasi ini akan digunakan untuk login di vista panel.
12. Ini berarti Anda telah berhasil mendaftar di free web hosting byethost.com. Untuk login, buka: http://panel.byethost.com lalu isi username dengan b.... (sesuai file yang baru Anda download) dan passwordnya.

13. Kemudian buatlah database caranya: klik MySQL Databases lalu  klik <database name>  isi dengan nama produk anda lalu klik tombol Create Database. Hasil database Anda akan muncul misalnya dengan nama: b13_6439232_pakaian
14. Sekarang kita akan mengunggah / upload prestashop ke ftp.byethost.com caranya: klik Menu Tools /Alat lalu Add-ons / pengaya lalu tulis fireftp tekan enter. Klik Pasang / install di firefox anda. Lalu klik restart firefox.


15. Setelah mozilla firefox aktif kembali, klik Menu Tools lalu klik Fireftp

16. Buatlah akun baru caranya: klik create an account lalu isi sesuai dengan akun Anda di byethost.com


17. Klik Connect. Setelah berhasil klik folder htdocs. Hapus semua file di dalam folder htdocs.

18. Upload / unggah isi prestashop ke dalam folder htdocs. Misalnya: prestashop ada di drive e komputer Anda maka tulis e:\prestashop. Upload semua file yang ada di dalam folder prestashop satu per satu dengan cara klik tanda panah kanan berwarna hijau. 

19. Bila semua file sudah berhasil di upload / di unggah, klik File lalu New Tab kemudian tulis nama web toko online Anda. Misalnya: http://orgibutik.byethost4.com

20. Kemudian intall prestashop. Baca cara menginstall prestashop.


1 komentar:

  1. ma kasih mas informasinya, sangat jelas sekali, mudah mudahan jadi amal baik buat mas

    BalasHapus